Sataistik

Wah, bicara tentang statistika kita akan berkutat dengan kehidupan sehari-hari mulai dari menghitung rata-rata uang saku perhari sampai perhitungan indeks ekonomi global…

Namun jangan khawatir, materi statistika SMA maupun SMK mempelajari perhitungan ukuran pemusatan data dan ukuran penyebaran data baik data tunggal maupun data berkelompok. Berdasarkan pengalaman waktu sekolah dulu, akan lebih efektif jika kita rangkum materi statistika menjadi suatu tabel sederhana di bawah ini…

Ukuran Pemusatan Data

 
Rumus Data Tunggal Data Berkelompok
Rataan  (mean) \bar{x} = \frac{\sum x_{i}}{n} \bar{x} = \frac{\sum f_{i}.x_{i}}{\sum f_i}
Modus Mo = nilai dg frekuensi tertinggi/paling sering muncul Mo=T_B+ \frac{d_1}{d_1+d_2}.i
Median ganjil Me=x_{\frac{n+1}{2}}genap Me= \frac 12.(x_{\frac n2}+x_{\frac n2+1}) Me=T_B+\frac{\frac n2-f_k}{f_{Me}}.i
Kuartil Q_i = x_{\frac{i(n+1)}{4}} _i = 1,2,3 Q_i=T_B+\frac{\frac {i.n}{4}-f_k}{f_Q}.i
Desil D_i = x_{\frac{i(n+1)}{10}}_i =1,2,3,4,5,6,7,8,9 D_i=T_B+\frac{\frac {i.n}{10}-f_k}{f_D}.i

Untuk data tunggal, data diurutkan terlebih dahulu sehingga saat mencari median, kuartil dan desil kita tidak salah menentukan x_i-nya.

Yang pasti, hafal rumusnya juga harus tau simbol dan cara menentukan nilainya yah…lihat keterangan berikut ini : Ket :

x_i = nilai ke- i (data tunggal)
= nilai tengah kelas ke-i (data berkelompok)
f_i = frekuensi ke- i
n= \sum f_i = jumlah frekuensi/banyaknya data
T_B = tepi bawah = (BB – 0,5)
d_1 = frekuensi kelas modus – frek kls di atasny
d_2 = frekuensi kelas modus – frek kls di bawahny
i = interval/panjang kelas=BA-BB+1
f_k = frekuensi kumulatif sebelum kelas yg dimaksud
f_{Me} = frekuensi kelas Median
f_Q = frekuensi kelas kuartil
f_D = frekuensi kelas desil
*letak kls Median \frac n2
*letak kls Kuartil \frac{i.n}{4}
*letak kls Desil \frac{i.n}{10}

langsung ke contoh dan pembahasannya yuk…

1. diketahui data sebagai berikut : 5, 6, 4, 8, 7, 3, 8, 9, 4, 10 . Tentukan \bar x, Modus, Median, Kuartil ke-3, dan desil ke-7 !

jawab :

urutan data:

x_1 x_2 x_3 x_4 x_5 x_6 x_7 x_8 x_9 x_{10}
3, 4, 4, 5, 6, 7, 8, 8, 9, 10

\begin{array}{rcl} 1.\:\bar x & = & \frac{3+4+4+5+6+7+8+8+9+10}{10}\\ & = & \frac{64}{10}\\ & = & 6,4 \end{array}

\begin{array}{rcl} 2.\:Mo & = & 4 dan 8\end{array}

\begin{array}{rcl} 3.\:Me & = & \frac 12.(x_5+x_6)\\ & = & \frac 12.(6+7)\\ & = & 6,5 \end{array}

\begin{array}{rcl}4.\:Q_3 & = & x_{\frac{3(10+1)}{4}}\\ & = & x_{8,25}\\ & = & x_8+0,25(x_9-x_8)\\ & = & 8+0,25(9-8)\\ & = & 8,25\end{array}

\begin{array}{rcl}5.\:D_7 & = & x_{\frac{7(10+1)}{10}}\\ & = & x_{7,7}\\ & = & x_8+0,7(x_8-x_7)\\ & = & 8+0,7(8-8)\\ & = & 8\end{array}

 

 

 

 

 

Lanjut…………….

Sumber:http://www.meetmath.com/14625-materi-statistika.html

 

 

 

2 Tanggapan

  1. mas/pak, cantumin sumbernya dong…
    http://www.meetmath.com/02180-materi-statistika.html

    • Itu kan ada lanjutanya,…. dan terakhir dah di cantumin ko sumbernya,…….. http://www.meetmath.com/14625-materi-statistika-2.html cek deh,…. tapi ga apa2 tar dicantumin,.. makasih koreksinya,…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: