Angka 1 – 10

1 (SATU) ANGKA PRIMORDIAL

1 bukan sebuah bilangan, melainkan penghasil (ibu), permulaan, daar dari semua angka lainnya dan merupakan angka ganjil, angka ini dipandang sebagai bersifat maskulin dan feminim Satu adalah Esa yang tiada duanya, eksistensi yang tidak mempunyai lawan. Bagi Islam, angka 1 adalah untuk huruf Alif yang merupakan huruf pertama nama Allah


2 (DUA) POLARITAS DAN PEMBAGIAN

Arus listrik mempunyai dua Kutub : negatif dan Positif, Pria dan Wanita “ada dua keaggunan ketika bernafas… Engakau harus bersyukur ketika dia.. Meyempitkanmu dan melapangkanmu “ (Goethe) Dalam kebudayaan China, ada pilosofi Yin dan Yang, yang merupakan ungkapan dari sifat aktif dan pasif. Dalam Injil tetrtulis bahwa 2 binatang kotor dari setiap ras diselamatkan kedalam bahtera nabi Nuh. Dalam segi polaritas, kita mengenal Muka dua, berwarna dua, berlidah dua


3 (TIGA) SINTESIS YANG MERANGKUL

Angka 3 dalam agama Buddha, yang dapat ditemukan pada Trikaya atau “3 tubuh” Buddha, dan Tripitaka atau “3 Keranjang” ajaran, serta 3 sumber keselamatan: Buddha, dharma (jalan kebenaran), dan sangha (komunitas). Angka 3 dalam agama Kristen, dapat ditemukan pada konsep trinitas (Alllah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus), tritunggal yang dikatakan Paulus (iman, harapan, dan kasih), dan kebangkitan Yesus pada hari ketiga. Angka 3 dalam agama Islam, dapat ditemukan pada tawasuf yang membagi tiga tingkatan jiwa: jiwa yang mendorong pada kejahatan (QS 12:53), jiwa yang mencela (QS 75:2), dan jiwa yang tenang (QS 89:27), serta hukum Islam juga mengenal tiga kategori: haram (dilarang), halal (diperbolehkan), dan musyabbih (meragukan).


4 (EMPAT) ANGKA KETERATURAN MATERI

Dibanyak peradaban angka 4 merupakan batas-batas hitungan – 1 jengkal = 4 jari, sdgkan 4 telapak tangan sama dengan 1 kaki. Seorang musim boleh mempunyai 4 istri dan dalam kasus Zina, sipendosa harus bertobat sebanyak 4 kali dan 4 saksi yang jujur harus dihadirkan untuk memberikan kesaksian secara mendetail. 4 khalifah pertama sejah permulaan sejarah islam diberi gelar “rasyidin”. Dalam ajaran sufi, pendakian menuju Tuhan dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu Syariah, Tariqah, Hakikat dan Ma’rifat. Dalam Hindu, kita menjumpai 4 Kasta, Brahmana, Ksatria, Waisa, dan Sudra.

5 (LIMA) ANGKA KEHIDUPAN DAN CINTA

Panca Indera kita ada lima, 5 merupakan angka penting dalam Islam, ada 5 Rukun Islam, melaksanakan Shlat 5 kali dalam 1 hari. Kategori-katori dalam Fiqh Islam ada 5 : Wajib, Sunnah, Mubah, Makruh dan Haram. Harta Rampasan perang di bagi menjadi 5 Bagian.

6 (ENAM) ANGKA SEMPURNA DUNIA MAKHLUK

6 adalah angka paling sempurna karena merupakan penjumlahan dan hasil perkalian dari bagia-bagiannya : 1+ 2 + 3 = 6 dan 1 x 2 x 3 = 6. Dalam berbagai ajaran Tuhan menyempurnakan proses penciptaannya dalam waktu enam hari. Penyaliban Jesus terjadi pada hari ke enam dan selesai pada jam ke enam.

7 (TUJUH) PILAR-PILAR KEARIFAN

Bagi manusia, akhir tujuh tahun pertama tumbuhlah gigi dewasa setelah gigi susu, pada akhir 7 tahun kedua dimulailah masa puber, pada 7 tahun ketiga tumbuhlah jenggot seorang pemuda, 7 tahun ke empat adalah titik kehidupan tertinggi, tujuh tahun kelima adalah saatnya utk menikah, 7 tahun ke enam ditamdai dengan kematangan intelektual, 7 tahun ketujuh memuliakan jiwa dengan nalar, 7 tahun ke delapan, menyempurnakan kecerdasan dan penalaran dan pada 7 tahun kesembilan nafsu-nafsu telah redup, tujuh tahun kesepuluh saat terbaik untuk meninggal. Di China, angka 7 dihubungkan dengan kehidupan manusia, Gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal pada usia 7 tahun, dalam waktu 2 x 7 tahun roda “yin membuka ketika mencapai pubertas, dan pada masa 7 x 7 tahun= 49 datanglah masa menapouse Dalam Islam kita Jumpai, Tuhan menciptakan Langit dan Bumi dalam 7 lapis, Thawaf, mengelilingi Ka’bah dilakukan sebanyak 7 kali. Juga ada 7 pemuda yang tertidur di Gua Kahfi

8 (DELAPAN) ANGKA KEBERUNTUNGAN

Kebangkitan Jesus terjadi pada hari suci kedelapan. Nama Jesus dalam huruf Yunani IHESOYS mempunyai nilai numerik 888 Di India, Bunga teratai bermahkota 8 menggambarkan keberuntungan dan kebahagian. Di China, 8 Merupakan angka yg sangat dihargai baik itu dengan 8 simbol Budhisme dan 8 ajaran mulia Konfusianisme.

9 (SEMBILAN) 3 KUADRAT SUCI

Angka 9 terkadang dikaitkan dengan penderitaan, Jesus meninggal pada jam kesembilan Troy dikepung selama 9 tahun dan Odysseus memnempuh pejalanan selama 9 Tahun. Sembilan sungai di dunia rendah china dimanefestasikan sebagai seekor naga berkepala 9. Bola Bowling yang menghantam 9 botol secara serempak menjadi prestasi tertinggi sebagaimana diungkapkan dalam ungkapan berbahasa jerman “alle neune” kesembilan {botol} yang berarti super

10 (SEPULUH) KELENGKAPAN DAN KESEMPURNAAN

Bagi kaum Pythagorean, 10 dianggap sebagai “ibu” yang merangkul dan membatasi segala sesuatu. Sebagai jumlah empat angka pertama, 1 + 2 + 3 + 4 = 10. dalam geometri 10 digambarkan sebagai segitiga sama sisi 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 Dalam tradisi Yahudi, 10 Perintah Tuhan yang diberikan kepada bangsa israel dan dunia diciptakan dalam 10 kata. Bagi kaum syiah, 10 punya makna penting. Hussein , Cucu Nabi Muhammad SAW dibunuh pada 10 Muharram 61 H yang sampai saat ini dirayakan dengan Puasa ‘Asyura. Nabi Musa mendapat 10 perintah, Budhisme juga mempunyai 10 perintah. Ajaran tertua bagi kaum sufi dalam sejarah mistisime islam berisi 10 bagian.

http://diarru.multiply.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: